Maka itu pikiran harus baik dan suci, mengutamakan kepentingan para makhluk, pikiran harus murni, manfaat yang diperoleh adalah jiwa raga yang sehat, lingkungan tempat tinggal yang baik, tiada bencana. Jika pikiran kita buruk, mementingkan diri sendiri, merugikan orang lain, lobha, dosa, moha dan angkuh, maka dampaknya adalah tubuh yang sakit-sakitan, lingkungan hidup diliputi banyak bencana.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Agustus 2013
所以心地不能不善良,心地不能不清淨,為自己想就是為眾生想,為眾生想就是為自己想,念頭要精要純,它起作用,頭一個身心健康,然後我們居住的環境美好,沒有災難。如果我們念頭錯了,念頭是自私自利,念頭是損人利己,念頭是貪瞋痴慢,第一個對自己身體造成病苦,你身心多病,第二個居住的環境災難很多。
二零一二淨土大經科註 (第三八六集)
Bertemu Master Chin Kung Dalam Mimpi
Membahas tentang mimpi, saya jadi teringat pada Master Wu Ping di Australia, dia bertanya pada saya. Jika ada umat yang berkata bahwa ketika sedang melafal Amituofo tiba-tiba melihat diriku (Master Chin Kung) memberi petunjuk pada dirinya. Master Wu Ping bertanya apakah ucapan umat ini dapat dipercaya? Master Wu Ping juga berkata bahwa dia pernah mendengar ceramah saya tentang ada seorang umat yang bermimpi melihat diri saya sedang memberikan wejangan pada dirinya, sementara saya (Master Chin Kung) tidak pernah melakukan hal demikian. Karena itu Master Wu Ping merasa begitu ragu dan kemudian mengajukan pertanyaan ini.
Di dalam mimpi kita dapat bertemu dengan siapa saja, mengapa bisa terjadi hal demikian? Ini dikarenakan anda selalu memikirkan dia. Segala kondisi timbul dari pikiran, bila kita memikirkan Buddha maka akan bermimpi ketemu Buddha; memikirkan Bodhisattva maka akan bermimpi melihat Bodhisattva; jika yang dipikirkan adalah sanak keluarga anda, maka anda akan memimpikan mereka; memikirkan ayahbunda maka akan memimpikan ayahbunda; memikirkan anak anda maka akan memimpikan anak anda. Demikian pula sama halnya jika memikirkan saya (Master Chin Kung), wejangan saya pada diri anda, ini adalah pertanyaan yang ada di dalam benak anda sendiri. Namun jika anda membantah bahwa diri anda tidak pernah berniat bertanya hal sedemikian. Benar, anda memiliki pertanyaan ini namun anda sama sekali tidak mengetahuinya, ini adalah semacam reaksi, karena anda memiliki aksi maka mimpi anda memberikan reaksi, siapa yang memberi jawaban? Yakni muncul dari dalam jiwa sejati anda. Anda melihat diri saya, bagaimana saya bisa muncul? Ini adalah hasil tampilan dari gudang kesadaran (alayavijnana) anda, inilah yang anda lihat. Kondisi yang ditampilkan dalam mimpi tidak berbeda dengan kenyataan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Agustus 2013
談到作夢,這正好有個人,我們澳洲的悟平法師,她有個疑問來問我。她說如果有人說他在個人念佛當中看到師父上人,那就看到我了,告訴他要怎樣怎樣做,而不是當面向師父請示,這樣一個感應所得的啟示是否可信?她記得我從前講過這些事情,在講席裡頭講過,有人說他在夢中見到師父給他開示,師父上人說他沒有給他開示,弟子一直有此疑惑。這是她來問我的。
夢中會夢到人,這是什麼原因?是因為你想他。一切法從心想生,想佛就會夢見佛;想菩薩就會夢到菩薩;想你的親人,你就會夢到你的親人;想你的父母,會夢到父母;想你的小孩,會夢到小孩。會想到師父,都是一個道理。師父在夢中跟你講的話,都是你自己心裡想問的。他說我沒有想問這個問題,從來沒這個問題。是,你有這個問題你自己不知道,這是一種反應,感應,你心有感,這個夢中也是應。誰應?都是你自性裡頭變現出來的。你看到我存在,我怎麼存在?是你阿賴耶識裡頭變現出來的,你看到的。現實境界跟夢中沒有兩樣。
二零一二淨土大經科註 (第三八六集)
Keyakinan Dan Tekad Yang Benar
Di dalam sutra, Buddha memberikan sebuah perumpamaan, jika ada Bhiksu senior yang memberitahukan anda bahwa Ajaran Sukhavati tidak sebagus Avatamsaka Sutra dan Saddharma Pundarika Sutra, anda seharusnya beralih mempelajari sutra besar ini. Bagaimana reaksi anda setelah mendengar ucapan ini? Seharusnya tak tergoyahkan, saya tetap konsisten mempelajari pintu Dharma pelafalan Amituofo, takkan tergoyahkan. Anda takkan terpengaruh oleh ucapan seorang Bhiksu senior. Namun bagaimana bila ada Arahat yang datang menasehati anda agar jangan melatih pintu Dharma ini, anda juga tetap teguh tak tergoyahkan. Selanjutnya Bodhisattva yang datang menasehati anda dan terakhir adalah Buddha yang datang menasehati anda, sampai pada akhirnya Buddha Amitabha sendiri yang datang menasehati anda. Anda boleh berkata pada Buddha Amitabha, Oh Hyang Buddha, “Sutra Amitabha” dan “Sutra Usia Tanpa Batas” yang Anda babarkan telah cukup untuk menuntun diriku, jika ada Dharma yang lebih tinggi lagi, saya tidak menginginkannya, saya hanya konsisten melatih pintu Dharma Sukhavati. Siapapun yang datang, anda tetap tak tergoyahkan, maka anda pasti terlahir ke Alam Sukhavati. Bila menasehati anda mengubah pintu Dharma, ini adalah kesalahan maka tidak boleh diterima. Di dalam Amitayurdhyana Sutra, Bhagava memperkuat keyakinan kita, agar selamanya tak berubah, selamanya tiada penyesalan, terus mempertahankan keyakinan yang teguh ini buat selama-lamanya. Walaupun para Buddha di sepuluh penjuru menasehati saya untuk mengubah keyakinan ini, namun saya tetap konsisten melafal Amituofo bertekad lahir ke Alam Sukhavati, inilah yang disebut keyakinan dan tekad yang benar.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Agustus 2013
佛在經中舉個比喻,這個世間聲望很高,真的高僧大德,你修淨土法門,他告訴你,這個法門沒有《華嚴》好、沒有《法華》好,你應當改學這些大經。你聽了以後怎麼樣?如如不動,我還是修這個法門,決定不動搖。這是世間的,第一個大德高僧,你沒受他影響。這時候來個阿羅漢,證果的,四果羅漢來勸你,不要修這個法門,還是如如不動。再往上升,菩薩來勸你,最後佛來勸你,到最後阿彌陀佛親自來勸你。你可以跟阿彌陀佛說,佛陀,你講的《無量壽經》、《阿彌陀經》攝受我就夠了,再高的我不要了,我就這一門。誰來都不動,你決定得生。如果叫你改變法門,這就錯了,這不能接受。世尊在《觀經.上品上生章》這一段經文非常重要,堅定我們,永遠不變,永遠不改,永遠不後悔,這一種堅定信心一直到底,堅持到底。十方諸佛來,我還是念佛求生淨土,這叫真信,這叫真願。那段經文是真好。
二零一二淨土大經科註 (第三八六集)
Kita harus mengandalkan
Buddha Amitabha, selamanya takkan berubah, siapapun datang membabarkan pintu
Dharma apapun, kita jangan mempedulikannya, kita hanya mendalami satu pintu
Dharma ini saja. “Bertekad mempelajari pintu Dharma yang tak terhingga”, hanya
dapat diwujudkan ketika kita terlahir ke Alam Sukhavati dan mempelajarinya di
sana; kita tidak mempelajarinya di dunia ini, karena waktu yang sangat
terbatas, usia yang begitu singkat. Di Alam Sukhavati kita memiliki usia tanpa
batas dan waktu, lingkungan melatih diri yang bagus, Guru yang baik, segalanya
merupakan yang paling terunggul.
Kutipan ceramah Master
Chin Kung 10 Agustus 2013